Trans Jogja dan laporan 3 hari perjalanan

Udah hari ke 4 sejak Trans Jogja di operasikan. Sebagai warga kota yang baik, saya ikut-ikutan menyukseskan proyek ini. 3 hari berturut-turut menjajal bus patas ber ac itu. Dan berikut laporan saya :

Hari Pertama (18 Februari 2008)

kartu Trans Jogja

 

Jam 18.30 WIB. Saya baru saja menyelesaikan rutinitas di Gedung UPT II UGM (sebentar lagi rutinitas ini akan berakhir). Nggak ada kerjaan, saya iseng-iseng nyoba Trans Jogja, yang kebetulan, salah satu shelternya ada di depan gedung ini. Karena ndak ngerti apa-apa, saya nanya 1/2 kali alas kali tinggi ke mbak yang jaga disana. Dengan sabar dan bosen (mungkin udah 1000 kali, dia ngejelasin ke calon penumpang lain), mbaknya ngejelasin harga tiket, cara bayar, cara masuknya, jadwal bis, dan rute bis nya. **angguk-angguk bego** Dudududu… saya aseli dagadu, ndak inget semua yang dibilang mbaknya. Katanya, bis selanjutnya bakal dateng 10 ato 15 menit lagi.

Oke, saya nunggu **sambil baca novel Harry Potter 7 untuk yang ke 5 kalinya**.

Lima belas menit berlalu… *krik…krik…krik…* ndak ada bis ijo kuning yang mampir ke halte.

Saya nanya ke mbaknya, kapan datengnya. Si mbak ngejawab : “mungkin macet di jalan mas…”. *tarik nafas* Oke. saya nunggu lagi. dan 10 menit kemudian, bisnya dateng. Dengan antusiasme berlebihan saya naek dan rebutan kursi.

Cihuy!!! Saya naek Trans Jogja! Cuman bayar seribu perak saya bisa keliling kota gudeg (seribu selama masa promosi. Kalo udah normal, jadi 3000…beh!). Saya menikmati perjalanan dengan khusyuk. Maklum, jarang-jarang naek bis kota. Beberapa shelter udah dilewatin. Semuanya normal-normal aja sampe mau nyampe terminal giwangan. Sebelum masuk terminal, Speaker yang ada di langit-langit bis, brojol. Keliatan kabel bergelantungan. Buset! Baru hari pertama sudah ada yang rusak gini?! Trus, sampe di Giwangan, supir taksinya ngetem dulu. ngerokok, ngaso sekitar 15 menit. Baru jalan lagi… Akhirnya, saya kembali ke UGM setelah 2 jam perjalanan.

Hari keduwa (19 Februari 2008)

kasian masnya

Saya berangkat ke gedung UPT II UGM make Trans Jogja lagi. Ndak ada masalah nih. Asik-asik aja perjalanannya. Trus pulangnya, saya juga naek bis ini lagi. Ada yang ganjil pas pertama naek. Ternyata, pintu otomatisnya rusak. Jadi kernetnya terus megang pintunya, biar gak kebuka😀 . Kasian betul masnya. Gak cuman itu aja. Pas mau mampir ke shelter Amplas, bisnya nabrak palang pembatas. *glek* Untung saya selamet.

 

Hari ketiga (20 Februari 2008)

 

mesin penerima kartu

Saya dan bisnya baik-baik saja. hehehehe… cuman, pas saya mampir di shelter prambanan, supir bis dan kernetnya, ngaso dulu. mesen nasi, kopi, di angkringan setempat. Sebelumnya, mereka minta ijin ke penumpang. Dan jawaban penumpangnya?! *angguk-angguk*. Jogja memang berhati nyaman…😀

 

 

Tapi dari 3 hari saya naik Trans Jogja ini, ada yang sedikit unik :

1. Kalo Trans Jakarta, ada mesin bicara, yang ngasih tau ke penumpang setiap pemberhentian shelter. Nah Trans Jogja ini, kernetnya yang ngomong, secara manual. Jadi, setiap sampe shelter, kernetnya ngomong kayak gini :

“Kepada penumpang bis Trans Jogja, sebentar lagi kita sampai di shelter “blah…blah…blah…”. Periksa kembali barang bawaan anda jangan sampai ada yangh tertinggal. (kira-kira begitu.Abis setiap shelter ngomongnya beda-beda).

Kasian aja liatnya. Pantes aja, di akhir-akhir perjalanan, kernetnya nggak ngomong lagi. capek kali ya. hehehehe

2. Pintu otomatis yang ada di setiap shelter jadi nggak fungsi. wong pintunya kebuka terus😀 . Masnya males mencet tombol pintunya berulang kali. Jadi pintunya dibiarin gitu aja.

 

Begitu laporan saya. Huehuehue… lumayan lagh, seribu perak bisa keliling jogja. Tapi kalo udah 3 ribu, balik lagi naek motor aja. pulang pergi 6 rebu dunk?! bisa beli bensin seliter tuh…😀

24 Responses to “Trans Jogja dan laporan 3 hari perjalanan”

  1. Jahhhhh… Saiyah kok sampai sekarang belum nyoba.

    jahhh, kesian kernetnya ituh, rekam napa kek…😆

  2. hihiihihihi
    Keep your belonging and step carefully

  3. Itu rutenya dikasih separator kayak di Transjakarta ndak? Trus Busnya gedhenya seberapa? Lha kok ada acara ngetem segala tho itu? Hahahaha…

  4. @ -=«GoenRock®»=- : ndak ada separator segala. gabung semuanya… ukuran bus nya, sama kayak patas. kecil… gak kayak trans jakarta. ngetem… mboh, durung sarapan kali.

  5. laaiikk, ada yang baru di nJogja ..

  6. trus bole nyobain nya kapan ya ? kalo di balikpapan bisa dibuat kayak gitu ngga ya?
    makasih ya sudah sering silaturahmi di blog saya
    jangan bosan ya

  7. tikabanget™ Says:

    waaa… aku blom nyobaaa..!!

  8. “Sebelumnya, mereka minta ijin ke penumpang. Dan jawaban penumpangnya?! *angguk-angguk*”

    dibalikpapan supir angkot ngga pake nanya dulu sama penumpang lain, supirnya rela nganter sampe depan rumah kalo perlu asal harganya cocok…:)

  9. ada hotspotnyah nggak?
    hihihihihi

  10. wah, enak tuh..!!
    cuma seribu lg yah??!😎
    *walaupun pas masa promosi doank*

  11. Jdi kangen Yogya ku…..Pengen ke sanaaaaaaa……!!!!!!!!!!

  12. asik juga… klo nyaman, aku yakin…yg naik motor bakal pindah ke bus transjogja ini. dah terbukti, teman ku dr prambanan naik bus ini dr pada panas2 naik motor keliling yk… pas kebetulan juga… halte naik dan turunnya ga jauh dr tujuan nya🙂.

    klo misal nya halte nya di kopma ugm….tujuannya daerah MM ugm… dr halte kopma ke MM ugm nya naik apa ya? susah juga….🙂

    semoga ada becak antar halte yg murah meriah….atau bahkan gratis…. hihihihi

    sukses deh buat kota yogya….semoga semakin nyaman penduduknya tuk bepergian di atas jam 7 malam.
    🙂

  13. wekz, ntar kalo ke yogya nyoba ah🙂

  14. klo trans pakuan yg di bogor piye mas?

  15. terakhir ke Jogja gwa liat sih itu shelternya.. rada maksa ya kyanya.. Jogja kmn2 deket, suasana asik.. kan lebih Jogja klo naek becak.. ;p buang2 anggaran euy..

  16. wah.. sudah banyak alternatif rupanya

  17. wah keren..mirip dijerman yah …
    busway dijakarta begitukah???
    indonesia makin maju aja yah ternyata…
    gak sabar nunggu monorail nih..pasti rakyat pada demen naeknya yah😛

  18. kekekke lucu amat. sopir dan keneknya minta ijin ngaso beli nasi kopi. dan celakanya penumpangnya kok ya ngangguk-angguk.

    nyaris tak ada bedanya ya dengan busway jkt🙂

  19. halah…check your belonging and step carefully. sampe bosen saya kalau naik transjakarta. masa percobaannya boleh juga. tapi kayaknya perlu ditingkatkan lagi tu fasilitas. masa pintunya ga bisa ditutup.😕

  20. halah…sama kayak komennya lutpi. kalau versi saya, keep blogging and write carefully..😀

  21. Wah ternyata tiap hari nyobain transjogja? hehe..
    Wadooh mulai hr ni udah blk ke normal, 3rb. Males!😦

  22. Kemaren waktu ke semarang sempet jalan ke jogja, ngliat shelter transjogja, tapi blom liyat busnya…

  23. anginbiru Says:

    hmm,, pernah keabisan bis trans jogja gara-gara kemaleman..?! (which is masih jam 21.30..!huhu). alhasil,, aku musti jalan kaki dari depan Hotel Santika ke rumah di Kauman..!! setengah jam di tengah ujyan gerimis yang bikin jalan bechek,, plus nggak ada ojyek,, cukup sukses membuat kakiku kaku-kaku.. hiks..

  24. Kemaren waktu plg dr garasi Sumber Alam Kutoarjo m temen2 naek prameks ke jogja turun tugu. Malioboro pas mlm minggu rame bgt euy. Ceweknya cantik2.hehe
    trus naek TJ.Hampir setengah jam nunggu TJ k Giwangan tuk plg k Sby.
    Lucu jg nglliat TJ-nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: