Archive for November, 2008

Muktamar Blogger 2008 dan Pesta Blogger 2008

Posted in blog, kopdar, me, pesta blogger with tags , , , , , , , , on November 24, 2008 by iphan

Aku masih euforia untuk berpesta.
Aku juga lapar untuk terus berkopdar.
Tapi pesta blogger udah kelar.
Sekarang, aku pulang dan mengenang lewat postingan.
kemon kangg…

iphan on pesta blogger 2008
iphan on pesta blogger 2008

Kamis, 20 November 2008

Menjadi kloter pertama yang berangkat dari jogja (sok tau ini… tapi kayaknya iya deh..)
Berpersonil aku, gun, nico, leksa dan kang gandung naek kereta ekonomi progo.
Buat aku, ini bersejarah. Karena baru pertama kali naek kereta ekonomi.
Rasanya gimana? Hmm… rasanya ya rasa naek kereta ekonomi, wakakakak *dipentung*

on the rail

on the rail

Jumat, 21 November 2008

Sampai di jakarta pagi buta. buset dah, (kalo nggak salah) jam 2 pagi.
Lalu, disambut sama sosok laki laki kurus, berwajah misterius, berambut panjang,dan terbalut pakaian hitam-hitam.
Mengingatkan aku pada profesor Severus Snape. Dan, oh itu toh yang namanya Zen.

Kita naek bajaj (hore.. Pertama kalinya juga naek bajaj. doh, katrok banget aku) ke kantor Zen.
Kantornya dibilangan jakarta pusat, deket es krim Ragusa (God! aku belom sempet makan es krim itu), sampingnya Masjid istiqlal, dan aku gak tau nama pasti jalannya apa.
tempatnya : Wow.. keren! Bernuansa pop art dengan dominan interiornya berwarna merah. memberikan kesan hangat walopun sebenernya dingin banget.
Eh kok malah cerita kantornya Zen *fokus phan fokus*.

Paginya aku berpisah dari rombongan. Menuju kemanggisan, jakarta barat. Tau kampus binus?! nah aku nginep disana. ehm.. maksudnya belakangnya.
Di kos temenku waktu SMA, topan. Makasih loh pan, udah dikasih tempat nginep.

Hingga Rentetan kopdarpun dimulai.

kopdar di plangi

kopdar di plangi

Sorenya, aku meluncur ke Plaza Semanggi. Waktu itu banyak cewek cantik nan rupawan.
Eh ternyata disana lagi ada final miss Selebrity nya SCTV. sempat tergoda buat masuk kedalem. *plak!! pokus paaann!!*
Dibatalin, dan aku Ketemu blogger loenpia di Solaria roof top plangi.
Ada fanny, mbak chi-chi dan baby nya plus baby sitternya, sikembar nilla juminten dan nieke kritik kentang, mbak dina (yang fotonya keren keren ituh),
oelpha, mbak wiwik, Didut, adiknya didut (gak mau nyebut namanya, abis kembar sih),ichanx
dan banyak lagi (sebenernya lupa, siapa lagi yang dateng kesana malem itu. huhuhu… maap. harusnya aku catet ya..)

Selesai di Solaria, tempat selanjutnya adalah Muktamar BHI!

muktamar istimewa

muktamar istimewa

wihiii… baru sampe, eh pas banget langsung adegan pembagian kaos πŸ˜€ jadi kebagian deh. hehehe..
Mukatamar blogger Malem itu rame banget. dan sangat bersejarah! karena disana untuk pertama kalinya dua tokoh fenomenal ini bertemu.
Gak usah disebutin namanya udah pada tau, kan ya? iya gak mon? Oops.. hehehe…

serah terima gerakan 1000 buku dari perwakilan CA

serah terima gerakan 1000 buku dari perwakilan CA

Malam itu ada juga bintang tamu Ibunda Yenny Wahid (lengkap bersama ajudannya)
Nah… acaram muktamarnya sendiri aku cuman ngikutin bentar.hihihihi… soalnya aku malah kebanyakan foto-foto sama blogger laen sih. Kasian omith harus tereak tereak jadi host. Ribut jeh..
Dan malem itu, aku ketemu itikkecil, kang edy, om kw (aku sempet ngeblank pas liat om fanabis. abis sekarang kurusan kayaknya. hehehe),
trus, kang hedi, bu dhe gita, pitra, dan laen laen(yang belom aku sebutin absen yaakkk… banyak benerrr)…… dan terakhir sang laki-laki kursi kita, ndoro kakung. Tapi begitu ndoro dateng, aku pulang… yaa… sedih dee..

Sabtu, 22 November 2008

masiko

masiko

Happy Birthday masiko!!! ulang tahun kakak semata wayangku : Vannico Soekarno. Panjang umur, cepet kawin, makan-makannya udah. hehehehe… *dilempar sepatu* (iphaaaannnn… seriyus!)
Lha aku serius, neh.. Eh iya, apa ya tadi?! *ngeblank*

gedung BPPT

gedung BPPT

Oh, inget-inget. *kembali ke jalur yang benar* Hari ini adalah hari H. Dan hari kenapa aku rela meninggalakan acara ngayogJazz di Jogja menuju Jakarta : Pesta Blogger 2008 – Blogging for Society. *tepuk tangan gemuruh*
berangkat dari kemanggisan dengan tujuan jalan Thamrin dan aku nyasar hingga blok M. bodooh!!!
Untung aku berangkat pagi-pagi. Jadi ndak telat banget.

Registrasi ulang ketemu sama Chika dan Dimas Novriandi. Karena kayaknya mereka lagi riweuh, aku lanjut ke atas tempat pesta dilaksanakan.
Eh ketemu mbak dina yang setia membawa kameranya. Aku tentu aja mepet-mepet biar dapet dipoto. hihihihi…
Rombongan cah andong jogja pada ngumpul di tribun tengah atas. Nyampur jadi satu sama temen-temen loenpia. Rame dan bikin rusuh. hahaha… dikit-dikit foto. dikit-dikit foto. doh.. itu loh mas acaranya dibawah…
Trus disebelah kiri ada rombongan TPC.Di belakang loenpia ada angin mamiri, disudut kanan atas, nyempil 3 orang dari bali blogger community.

Acara di buka sama dua MC ibukota. Yang satu panji “kenaa deeh nya ANTV” dan lagi satu Johanna nya… uhmm.. uhmm.. Johannanya siapa ya? ah sutrawelah.Nggak penting.
Kalo taon lalu, aku sempet mosting, yang pidato chairman nya lamaaaaa bangeeet…. Taon ini jauh lebih baik. Pidato sambutan pak dhe wicak jauh lebih singkat, padat, nyenengin untuk didenger, dan khas ndoro kakung sekali (lengkap dengan ki sanak – nya segala. hehehe). hidup ndoro *menjura*

iphan dan chika

iphan dan chika

Hingga sebelum makan siang, menurut yang terjadi bukan pesta blogger 2008 – Blogging for Society, tapi lebih tepatnya : kuliah blogger 2008 – Blogging for Boringity. Hahahaha.. *dipentung panitia*
Next, ada diskusi mengenai blogging for society. Yang menurut aku nara sumbernya kebanyakan, Mengingat Durasi yang sangat singkat, Serta pengantar tema yang kurang spesifik.
Membuat aku kurang menangkap esensi blogging for society itu dari masing-masing nara sumber. Belum lagi adegan “curhat colongan” pas sesi tanya jawab. Bikin diskusi ini sedikit gak penting.

iphan dan sarah

iphan dan sarah

Dari tadi aku nggak ada nyentuh blogger tamu luar negeri ya? Abis, kelima blogger luar negeri itu akhirnya mentas sebentar dan memberikan opini mereka tentang Indonesia setelah seminggu day trip di Bali, Jogja, dan Jakarta.
Mr. Brown donk, tetep megang. orangnya memang “gila”. hehehehe…

(intermezo : Pak dhe mbilung, neng jeny, dan tikabanget baru dateng. dasar tika,katanya mau barengan dateng ke jakarta eh malah berangkat pas hari H. *pentung tika* Lha. aku maen pentung-pentung, gara-gara ngeplurk ini)

cah andong dan award

cah andong dan award

Dan ini, yang nggak ada di Pesta Blogger taon lalu : Blogging for Society Award!
pemenang salah satu award jatuh kepada Bali Blogger Community sebagai the Most Promising Blogger Community in 2008.
Dan pemenang Blogging for Society Award jatuh Kepada Cah Andong! horeeee….! yang mendapatkan dana sosial sebesar 10 juta rupiah, dan satu set PC, dan plakat.
Plus ada reward Award buat Gage Batubara berupa Nokia N95 (hihihi… selamat ge… hape kita sama :p) atas kontribusinya dalam menciptakan logo Pesta Blogger 2008.

Acara bagian pertama selesai, Dan pesta yang sebenarnya dimulai. Foto-foto, kopdar, kenalan sama blogger, dan makan-makan.
Eh iya… tahun ini makanannya nasi kotak bukan prasmanan. Jadi nggak bisa bungkus piring cantik yang tulisannya “BPPT” deh 😦
Tapi gak papa at least, bisa dipastikan semua peserta kebagian makanan. gak kayak taon lalu, yang aku harus melapar.

iphan dan maylafazza

iphan dan maylafazza

Gak kehilangan akal buat mendapatkan yang lebih dari PB08 ini. Aku sama upliner ku tikabanget. keliling stand nyari souvenir geratisan. Lumayan, dapet mouse pad, pin, stiker, apalagi ya…

Acara panitia selanjutnya adalah break out session. sempat muter-muter nyari break out session yang gak terlalu rame, dan enak buat diskusi. Tapi nggak ketemu. Karena antusiasme peserta gede banget, semuanya penuh. ugh…
untung aku masuk tempat break out session baru yang insidental. Enak buat ngobrol, dan jadinya malah ngegosip.

Terakhir acara doorprize! hahahaha… aku nggak seberuntung tahun lalu. Jadi nggak bawa pulang apa-apa.

Orang-orang yang aku temuin di pesta blogger 2008 :
ketemu ridu. horeee!,trus mbok de venus dateng, seliwar seliwer liat mbak hanny, sempet tuker-tukeran kartu nama sama indah, foto sana sini sama sarah, oh iya aruL (dua kali ketemu di muktamar sama PB. hehehehe. padahal sudah ngobrol sana sini. tapi kok ya ndak difoto), trus cempluk yang ternyata sedikit mirip momon.Β  uhm… siapa lagi ya. aku lupa… ntar bakal di update lagi. (ayo absen!)

Pestapun usai. kata ndoro, target 1000 orang telah tercapai (bahkan lebih) hari itu. Pesertapun puas atas acara yang diselenggarakan panitia.
Dan aku salut sama mbak hanny yang tetep cantik dan segar selama acara berlangsung, padahal semalem kata dimas diplurk mereka gak tidur sampe jam 3an.


Acara selanjutnya? Kopdar Wetiga!!

isinya adalah blogger-blogger yang kelaparan dan belom puas kodar. hehehe…
Aku pulang sekitar jam 12 malem bersama itik kecil.

23 November 2008

Kopdar PIM 2.

oelpha dan iphan dan hanny

oelpha dan iphan dan hanny

peserta : mbak hanny, budhe gita, momon, chika, dimas, dilla, oelpha, nico, gun, anto!? (sejak kapan orang ini ada di jakarta? hehehehe), aku, goenrock (yang pulang duluan karena kerja), dan kakakku, masiko. bukan blogger tapi ikutan ngumpul (mau nraktir aku makan-makan ulang taun soalnya)
Hasil dari kodar : kenyang di sushi tei, j.co, food court, dan momon yang menunda kepulangannya jadi hari senin.

And the last… aku pulang ke jogja jam 9 malem.

hore…

begitulah. Jadi silahkan simpulkan sendiri postingan ini yang ternyata panjang dan gak ada yang fokus.
*shock liat postingan yang isinya cuman catatan perjalanan aku*
semoga nggak bosen. Sampe ketemu di kopdar lainnya dan Pesta Blogger 2009.

*tutup mic*

Advertisements

Top Ten karakter penongkrong kafe

Posted in me, nggak jelas with tags , , , on November 12, 2008 by iphan

mengafe

mengafe

Top Ten ini adalah hasil riset kurang kerjaan dari pengalaman aku nongkrong selama ini, dan hasil pengamatanku saat masih maen-maen kerja di salah satu tempat nongkrong yang happening pada jamannya itu.

1. Tipe Eksis

Tipe yang satu ini, ciri-cirinya adalah tampangnya udah dihafal banyak orang. Paling nggak kalo dia lewat, ada celetukan kayak gini : “eh, kayaknya pernah liat orang itu. Dimanaaa yaaa?!”. Apalagi Jogja ya, yang kalo kemana mana ketemunya itu-itu aja. Aku punya beberapa kenalan yang masuk kategori ini. Salah satunya sebut saja Duren (bukan nama sebenarnya). Si Duren ini, percaya gak percaya, jadwal rutinnya adalah jam setengah 7 nonton di movie box. Trus jam 9 lanjut nongkrong di coffee shop mana gitu. Dan Guess what, itu dia lakuin ini hampir selama setaon (aku kenal dia sekitar 2 taon). Buseet…! Malah Aneh kalo Duren suatu hari nggak nongkrong. See? Alasannya : bosen di rumah. Argh…!!! Selain itu, tipe tipe eksis ini, biasanya nongkrong sama orang/kelompok yang beda-beda. Sekarang sama si anu, besok sama itu, lusa sama nganu itu. Atau berdua sama temen soulmatenya dia yang juga doyan nongkrong. Contoh kasus : aku punya kenalan 2 orang cewek. Yang kemana-mana selalu berdua. Sempet curiga juga kalo boker juga berdua. Nah dua orang cewek ini, sukanya nongkrong sambil gosip ndak jelas, sekaligus pamer baju ato aksesoris yang baru dibelinya. pokoknya gak ada kata lain yang bisa menggambarkan dua orang ini selain eksis banget.

2. Tipe Hot spot an

Ayo ngakuuu, siapa yang kalo ngafe cuman pengen hotspotan?! Ciri-ciri fisik pada umumnya : Gak pake grooming a.k.a dandan dulu sebelum nongkrong. Senjata utama : Laptop. Asal ada laptop, colokan, sama hotspot, orang ini bakal adem ayem. Apalagi kalo hotspotnya kenceng. Satu orange Juice cukup untuk 3-4 jam internetan. Orang tipe beginian, bakal gak sadar kalo meja disebelahnya udah 4 kali ganti orang, atau biasanya cafenya udah mau tutup baru siap-siap pulang. hihihi… Dulu aku pernah iseng ngerjain orang tipe beginian. Cafe udah mau tutup, eh dia nya betah aja hot spot an. Akhirnya, kabel wirelessnya aku copot. Eh dia langsung bayar abis itu pulang. hehehe….

3. Tipe Pakar Kuliner

Orang-orang tipe beginian, suka mesen macem-macem. Biasanya dia mesen apa unggulan dari kafe itu. Trus dengan refrensi nonton pak bondan, dia bakal nyeroscos : “wah… minuman ini enak banget… duh hambar… Kurang gula… Kurang di kasih cinnamon biar gurih… Wah, susunya pasti merek ini… Ooo, es krim yang dipake, es krim kelas dua… Aku tau ini mesen makanannya dimana…” begitu… Kalo orangnya muka tebel, dia bakal manggil waiternya, trus bilang : “mas/mbak… ini minuman ini bakal lebih enak kalo ditambahin itu. Trus kalo mau lebih cantik tampilannya, coba deh kasih garnis nganu…”. Kadang ada yang ekstrim. ” Mbak, kopi disini gak enak. Saya bawa biji kopi sendiri. Tolong donk di bikinin pake punya saya ini…” Lha, kalo gitu kenapa ndak bikin dirumah sendiri aja pak..?!

4. Tipe Autis

Patah hati? Putus Cinta? Habis ditolak? Segelas coklat ato secangkir kopi akan membuat kamu tetep sedih. Gak sedikit orang yang abis ditolak, dateng ke kafe, sengaja mencari keramaian. Tapi biasanya orang kayak gini bakal : Dateng Sendiri, mesen lebih dari dua minuman dalam satu jam, bengong, ngerokok sampe 3 bungkus rokok. Kalo masih terlihat kurang bodoh, orang itu bakal baca majalah tapi ternyata majalahnya terbalik. wakakakakakakakak… Pernah loh liat orang macem beginian. Sok-sok melankolis. Dia mesen kopi 3 cangkir. Trus ngerokok gak berenti-berenti. Akhirnya dia ngambil majalah ke bar, trus duduk lagi. Entah dia sadar ato nggak, dia buka majalah itu dengan kebalik. Parahnya lagi dia masih sok-sok an baca itu majalah. Padahal matanya udah menerawang. Ck… Ck… Ck…

anak nongkrong

5. Tipe Ngidam

Orang macam begini, biasanya sudah addict sama satu menu di satu kafe tertentu. Kadang kemunculan orang ini suka nggak di duga-duga. dateng, mesen satu menu itu, trus pulang. AkuSempet nanya juga: kok buru-buru. Jawabannya : “Iya, saya lagi ngidam minuman itu. Gak tau, dari kemaren pengen aja minum itu. Makanya saya kesini cuma mau minum itu. Oh iya, bungkus satu sekalian minuman itu. Siapa tau dirumah saya ngidam lagi minuman itu” Begono.. Ada-ada aja deh.

6. Tipe Kere

Seringnya, dia diajakin sama temen ato genk nya. Karena nggak bisa nolak, akhirnya si kere pun ikut nongkrong di kafe. dan mesen seburuk-buruknya air mineral, sebagus bagusnya ice tea reguler. Asal gak bersikap malu-maluin, tipe kere akan aman. Tapi, yang paling nyebelin adalah, sudah kere belagu pula. Minta di tabok mukanya. Pernah ada satu kasus, dimana ada sekelompok genk mobil yang aku baru sadar isinya orang kere dan norak pula. Dia dateng, minta temen saya bersihin meja dengan gaya yang congkak, sampe pengen di congkel matanya. Nah pas order, mereka malah sikut-sikutan. Nunjuk situ, sana, sini,sono, buat mesen duluan. Pada akhirnya mereka yang saat itu total ber 8 (ber De la pan), hanya mesen 3 orange juice dan 5 mineral water (itupun mintanya yang gelas bukan mineral water botolan). Buset, ini anak genk mobil loh…!!! Tapi, gayanya mereka yang belagu, bikin ribut, yang bakal diinget sama orang-orang lain sebagai genk mobil kere se jagat raya.

7. Tipe Tepe-Tepe

Adalah para jombloers, dan sebangsanya. Ciri-ciri umum adalah berpenampilan menarik, berwawasan luas, IP minimal 3, berbahasa inggris aktif, lamaran dikirim paling lambat minggu depan, supel, dan muka tebel. Senjata yang dibawa adalah : alat make up, hape, kartu nama. Biasanya datang sendiri, atau berdua (jarang banget kalo berempat ato lebih). Setelah memesan dan duduk, orang macam begini biasanya langsung celingak celinguk nyari mangsa. Dapet ato nggaknya, tergantung usaha masing-masing donk ya… Tapi awal perkenalan itu merupakan seni tersendiri. Ada yang sok baik, mesenin cake ke orang yang pengen di ajak kenalan, ato SKSD minjem korek buat ngerokok, pernah yang norak abis, nulis salam plus nomer hape di tissue, dan minta waiternya buat nganterin. Tapi yang cukup gokil adalah, dateng ke mejanya, ngajak maen kartu ato otello.

8. Tipe Pelajar / Mahasiswa Teladan

Hari genee masih belajar di kamar? Basiii…!!!! Belajar di kafe donk. Dengan beralasan ada hot spot yang memudahkan untuk mencari bahan(padahal yang dibuka tetep aja facebook sama frenster), anak-anak Hedon ini (iya anak-anak, karena biasanya sekelompok) suka dengan ekstrim menumpuk buku-buku tebal dan kertas ndak jelas di atas meja. Hingga memberikan alasan untuk memesan minum seperlunya aja. Biasanya, yang aku amati, dari 4 jam di kafe. Belajarnya hanya satu jam di tengah-tengah. Satu jam di awal dan dua jam di akhir dipake buat ngegosip, buka frenster, dan sebagainya.

9. Tipe kumpul keluarga

Buseet, tipe ini termasuk tipe paling garing dah. Apalagi kalo keluarga besar yang melibatkan kakek, nenek, opa, oma, bapak, ibu, ponakan, dan bayi beserta baby sitternya. Hell-o, ini kafe getoh… Ya masak ada acara keluarga. Bisa dipastiin mereka sendiri yang gak betah. (eniwei kafe yang aku maksud adalah kafe yang bener-bener kafe ya. bukan easy dining, resto, dsb). Masa iya nongkrong, minum kopi bareng nenek, belum lagi si bayi itu nangis minta ini itu. Pokoknya rombongan macam begini, gak bakal bertahan lebih dari satu jam. Begitu menu dateng, masing-masing orang buru-buru ngabisin, abis itu cabuut…

nongkrong lagi

nongkrong lagi

10. Tipe Pekerja

Nongkrong bukan berarti nggak bisa kerja juga loh… Justru ada pekerjaan yang lebih menguntungkan sambil nongkrong. Seperti pengalaman temen saya ini. Pas lagi asik-asiknya nongkrong, tiba-tiba ada orang tak dikenal datang menghampiri. Ngajak ngobrol naglur ngidul, perasaan temenku udah gak enak aja nih. Dan ternyata bener. Sampai titik tertentu, orang itu memutar laptopnya, dan temen saya saat itu juga di prospek MLM. wakakakakakakak… Karena temen saya alergi betul sama MLM, maka saat itu pula dia berdiri, ke kasir, bayar dan pergi, meninggalkan orang MLM itu termangu. Gak cuma itu, waktu itu lagi kumpul ma temen-temen begundal. salah satu diantara mereka ada yang membawa kartu tarot. Akhirnya temen-temen semeja diramal satu-satu pake tarot itu. Eh, gak taunya, banyak orang yang merhatiin trus minta diramal, dan dibayar pula gitu. Lumayan 20 ribu satu orang. akhirnya bill kita hari itu terlunasi berkat hasil ramalan temen aku itu. Lumayan. nongkrong geratis, dapet duit pula πŸ˜€

Ya begitulah hasil kurang kerjaan aku selama ini. Iya cuman sepuluh. Tapi kalo sampeyan mau nambahin karakter lain, monggo lowh.. silahken…

laptop dan anak jalanan

Posted in nggak jelas, Uncategorized with tags on November 3, 2008 by iphan


ngelaptop dulu ah...

ngelaptop dulu ah...


Sebenernya udah lama banget, aku mau posting ini. Cuma gak kesampaian terus. Karena banyak hal (ini mah, emang banyak alasan doank :p)

siapapun bisa

Jadi, beberapa bulan yang lalu, aku sama temenku lagi beredar (baca : jalan-jalan malem). Keliling jogja gak jelas gitu. Hingga tibalah kita melewati perempatan MM UGM di Jalan Kaliurang. Disitu, antara takjub dan senang, aku ngelihat tukang tambal ban, tukang bensin eceran, dan pengamen, lagi asik duduk bertiga di sudut lampu merah. Duduk mengutak ngatik laptop. Entah, nonton film, nyuri hotsipotnya UGM, ato ngapain gitu deh. Pokoknya, mereka bertiga seru-seruan ngelaptop bareng dipinggir jalan. Aku jadi mikir, ternyata teknologi sekarang gak melihat status sosial ya. Event itu tukang tambal ban loh (aku sempet curiga, jangan-jangan tukang tambal bannya buka toko ban online gitu.hehehehe).

internetan juga gak ya?

Trus kapan hari gitu, aku juga ngeliat pengemis yang asik maen hape. (yang ini gak sempat kefoto).Lucunya, abis maen hape, dia tetep minta-minta duit dijalan. Heran deh… sudah punya hape tapi kok masih minta-minta. Aku jadi mikir, berapa pendapatan mereka sehari dengan profesi (eh ini profesi gak sih?! Kan menghasilkan duit juga.) sebagai pengemis. Kalo mereka bisa ngumpulin duit untuk beli hape, berarti mereka seharusnya juga bisa ngumpulin duit untuk modal usaha. Biar mereka gak perlu jadi pengemis terus. Atau mungkin, mereka sudah enjoy jadi pengemis karena bisa dapet duit banyak?!