Tukang Parkir dan Tukang Palak

Tukang parkir yang beneran :)

Tukang parkir yang beneran🙂

Job desk tukang parkir sejati versi iphan :

  1. bantuin nyari tempat parkir.
  2. bantuin markirin motor / ngarahin parkir mobil
  3. bantuin ngeluarin motor dari tempat parkir / ngarahin mobil keluar dari tempat parkir.
  4. menjaga keamanan area parkir.
  5. karcis parkir asli. Punya pemkot setempat.
  6. harga parkir sesuai dengan karcis parkir
  7. tukang parkir asli, pake seragam, dan memang ditempatkan untuk bertugas disana.

Job desk tukang parkir yang sebenernya adalah tukang palak versi iphan :

  1. cuman nyuruh markir di suatu tempat.
  2. ngasih karcis parkir palsu, (atau bekas pakai)
  3. bantuin markir aja enggak.
  4. bantuin ngeluarin motor aja enggak.
  5. pas mau keluar cuman berdiri disamping sambil minta karcis dan minta duit.
  6. harga parkir suka-suka dewe. Seribu buat yang kayaknya sering kesitu, seribu limaratus yang punya muka cakep ato keliatan berduit, dua ribu kalo ada event atau mau hari raya atau lagi nggak punya duit.
  7. biasanya bukan tukang parkir beneran, alias preman setempat, atau tukang becak, atau pengangguran yang pengen dapet duit tanpa usaha yang berarti.

Oke dari kedua job desk diatas dapat dibedakan mana yang tukang parkir bener mana yang tukang palak. Soalnya kasus tukang palak berkedok tukang parkir di Jogja semakin parah dan memprihatinkan.

Contoh :

  1. Di pinggir jalan, depan mini market. Mau beli air mineral. Tapi ternyata air mineralnya abis. Gak jadi donk, lalu pas balik ke motor, ada orang nggak jelas berdiri dipinggir motor. Pas aku naek motor, eh ditodong duit seribu! Minta ditonjok gak?! Aku bilang aja : gak jadi belanja mas. Uang parkirnya besok aja kalo saya belanja. *ngeloyor pergi*
  2. Di nol KM. tempat biasanya anak-anak pada ngumpul. Aku parkir motor seperti biasa. Lalu muncul orang ngasih tiket karcis. Pas dibaca tiket karcis “sekaten” taun lalu. Dan minta uang parkir 2000 perak. Woh… Pengen disembur ternyata nih orang! PAK DISINI BIASANYA GAK ADA TUKANG PARKIR! BAPAK SIAPA??? Mau malakin sayaa??? *buangin karcis palsu itu*

See…?! Semakin memprihatinkan kondisi parkir kita ini.. *jengel setengah mati sama tukang palak*

Ayo kita jangan diem aja sama modus palak berkedok parkir! Kalo emang dia cuman minta duit doank, tapi nggak ngelakuin apa-apa, jangan dibayar. tapi kalo emang kita merasa terbantu, maka kita wajib membayar tukang parkir.

*nb : Foto diatas : itu waktu masi latian moto pake dslr. itu tukang parkir bukan tukang palak🙂

43 Responses to “Tukang Parkir dan Tukang Palak”

  1. bukan mempermasalahkan duit seribu ato dua ribu yang dikeluarkan.. tapi aku gak ikhlas harus membayar dua ribu untuk hal yang nggak seharusnya dibayarkan..😦

  2. dijakarta lebih banyak om… ntar saya nulis juga ah, part 2 nya… part 1 nya udah pernah nulis tahun lalu….😆

  3. Phan, kok kamu malah mau ganti profesi tukang parkir? Kan udah laris manis jadi model iklan?😯

  4. aku pernah marah sama tukang parkir yg cuma duduk aja ngeliatin aku kesulitan ngeluarin motor dr deretan parkir. kuomelin dia. ‘mas, kalo jd tukang parkir yg niat. bantuin kek, jgn bengong aja.’ oya, itu di pempek yg di tamsis itu apa lupa namanya

  5. itu bapak yg difoto ky nya bukan tukan parkir van, tapi porter

  6. @dita.gigi : oh ya? Sering naek angkot kalo ke Jakarta. jadi belom ngerasain dipalakin disana.

    @goenrock : Tukang parkir di sekolah ku dulu udah nguliahin anaknya ke amerika loh… *bayangin aja karcis mobil seribu, karcis motor lima ratus di kali 400 anak tiap hari, dikali 6 hari seminggu = kaya raya*

    @arya : pasti lega rasanya…

  7. @alle : eh iya ya? kemaren aku ndak nanya. aku pikir tukang parkir :))
    gak pa pa deh…

  8. *sungkem sama iphan*
    aku pernah maki2 tukang parkir XXI
    ada mas mas parkir di utara ku lagi smsan, tp motorku ga bisa di keluarin, tak panggil “MAS MAS,, MASSSSSSSSSSS” yang diutara keknya ke ganggu, langsung teriak ke mas mas laen yang di ujung selatan yang agak jauhan “mas anu nih gimana, mbaknya ko ga dibantuin!” tp cuma ngeliatin diriku, motorku dan mas anu di ujung selatan, sewot deh diriku “lha mas nya siapa? bos parkirnya sini? bantu kek”
    whwhhww..

    bete juga kalo ada tukang parkir dadakan jam subuh, biasanya mas mas yang mabok nongkrong di sekitar situ, misalnya.. di studio one😦 *masih teringat helm ilang*

  9. Masalahnya, tukang parkir gadungan seperti itu kadang ada mafianya dan anggota mafianya banyak. Kalau kita bikin masalah sama seorang tukang parkir gadungan tsb, dia bisa manggil teman2nya. Gawat dah kalau begitu

  10. funkshit bisa menceritakan kejadian di parkiran coffee break dinihari itu?*summoun pangsit*

  11. harusnya kamu poto itu phan, karcis parkir SEKATEN basi ituh..
    wakakak..

  12. […] Tukang Parkir dan Tukang Palak « Otakiphan otakiphan.wordpress.com/2009/10/05/tukang-parkir-dan-tukang-palak – view page – cached 3. bantuin ngeluarin motor dari tempat parkir / ngarahin mobil keluar dari tempat parkir. — From the page […]

  13. @choro : betuuul. udah bukan tukang parkir, mabuk, eh minta duit parkir. tapi kalo kondisinya kayak gitu mending dikasi, daripada gak pulang..😛

    @pak yahya : iya, kadang-kadang mereka ramean. ngumpul di ujung jalan ato gang. trus gantian nagih duit parkirnya😐

    @nico : ikutan summon pangsit

    @tikabanget : Haduh lupa.. keburu tak buang e. abis kesel jeh :((

  14. jadi inget seorang pengamen serabutan jaga parkir .. gendut putih dan seger juga sangar .. kalo dikasih duit coin malah dibaret ke body mobil, mau marah dia nggak bisa ganti, nggak marah ngenes sendiri .. oh tukang parkir ..

  15. iphan selain jadi model iklan, juga jadi model tukang parkir ya??
    kamu keliatan tua ya phan di poto itu..

    *lanjut facebookan*

  16. ndebakulsempak Says:

    Hajar aja phan..orang kaya kamu ga mungkin deh tega tukang parkirnya buat ngelawan kamu.

  17. lambok di di tabokin tukang palaknya atau diminta gantian🙂

  18. huahahaha…di salah satu restoran cepat saji juga ada tuh. wong drive thru masa pake tukang parkir? kalo dikasih gopek nyolot pula. bah!

  19. woooogh iphan bisa galak juga?😆

  20. Buat ngakalin tukang parkir pemalas itu.
    Biasanya saya gak mau bayar diawal (pas mau stater motor).
    Kalo ngeliatin, liatin lagi..
    Kalo gak mau mau bantuin, gak usah bayar..
    Kalo mau bantuin keluarin motor, baru deh dibayar.

  21. @neng®atna : ya ampun, kok dilema gitu yah… ngenes bacanya *apalagi ngalamin…*

    @waterbomm : iklan terbaruku iklan layanan parkir gratis. hihihihi..

    @ndebakulsempak : maksud mu wis? *siapin pentungan*

    @geblek : maunya bagi hasil aja sama tukang parkirnya. gak mau gantian :))

    @ck : masak sih? drive thru pake parkir? LOL

    @chic : bisa donk *masang taring vampir, berharap seganteng edward cullen*

    @gage : akan kucatat dan kupraktekan ge😀

  22. 😀 namanya aja preman mas. Yo suka’-suka’ to. Nek jarene Pak Giyanto kemaren itu masalah parkir di TITIK NOL yang persis di tempat kita kopdaran itu. Terserah, nek mau kasih duit parkir ya sukur, enggak juga gakpapa. katanya gini: “Yo ambokno sugih ning yo mesakke to mas.” begitu katanya….

  23. wah.. blognya bagus mas…

  24. Wogh..jogja parah amat ya.. Dulu belom gitu2 amat sih phan..
    preman2 udah merajalela..*mengerikan*

  25. sekarang ada dimana mana mas ditempat saya diserang juga buanyak terkadang disebuha Mall lagi, bahkan pas puasa kemarena eh jadi Rp. 2.000 aneh bin Ajaib

  26. Firman Ramdhani Says:

    haha… mau digimanain lagi.. selama ada celah langsung pada dateng tuh tukang palak eh parkir.. hehe

  27. @nahdi : nah suka-suka yang mengganggu orang lain itu sebaiknya disoroti..

    @funkshit : ah aku dikasi komen blogger terkenal😀

    @ladybugfreak : iya e dil, mulai banyak yang beginian😦

    @omiyan : bener sekali. parkir aja ada hi seasonnya

    @firman Ramdhani : weh, pengalaman ya mas? *kabur*

  28. anggap aja amal, itu orang fakir😛

  29. salam kenal ya iphan sebelumnya..
    tapi kamu pelit ato hemat yo

    yo = ya

  30. wahaha.. nice idea tuh kalo gak jadi beli, bayarnya besok aja kalo belanja hihi.. iya kalo saya juga paling males sama yang tukang palak kaya gitu

  31. saya seringnya ngasih. kesian.

  32. hajar aja Phan…
    *ngomporin*
    sama aja kayak di sini, malah gak pernah pake karcis parkir…

  33. heeemmmmm saranin km jadi tukang parkir..wkwkwk

  34. wahahaha ga di jogja ga di jkt, sama aza. Repotnya di jogja, ga bs liat mtr nganggur bntr aza dah ada org yg minta karcis parkir. Pdhl gw dah bela2in ngg di atas motor msh jg dipalakin uang parkir. Capek deh…

  35. hihihi…kbanyakan tukang parkir yang baik – baik tu malah tukang parkir yang ada di warnet lho mas, dia malah nggak pake seragam, yah walaupun mahal (1000:p), tapi dia bantuin ngeluarin motor kita….:)…

  36. Hanya sedikit sekali negara yang ada tukang parkir pinggir jalan gitu🙂

  37. intinya kita musti lebi galak dari si tukang parkir ya.. hahaha

  38. baru2 ini sy ke surabaya makan di warung Leko.waktu datang,tukang perkir gak ada .jadi gak ada yang bantuin markir.setelah selesai makan qta kembali ke mobil tapi tetap aja tukang parkirnya gak nongol padahal udah disiapin uang parkir 1500.udah keluar dari perkiran tiba2 dari arah Warung leko tukang parkir (tidak pakai seragam & tidak bantuin parkir) tiupin peluit lari2 ke arah mobil dan menghadang tepat di depan mobil sambil melotot. uang parkir yang sudah sy siapkan 1500 itupun sy berikan ketukang parkir,tapi tukang parkirnya malah nyolot tangan sy diremas kencang sambil melotot waktu sy berikan uang parkir..udah bagus masih sy kasih baik2..tau gitu ngasihnya di lempar aja dah dari pada tangan di remas sm tukang perkir :..((

  39. @Lia : ya ampun, kok bisa begitu.. serem juga ya. aku ikut prihatin😦

  40. Ini bentuk ketidak tegasan pemerintah dalam manajemen perparkiran, ditambah dengan tingginya tingkat kemiskinan, tukang parkir liar datang karena mereka melihat hal itu sebagai lahan basah dimana banyaknya kendaraan dan sedikitnya tempat parkir di kota-kota besar, tetapi apapun yang tidak bersifat legal memang seharusnya dipertimbangkan, contoh apabila kita mau parkir dipinggir jalan (yg tdk ada larangnnya) harusnya kendaraan yg kita parkirkan itu tidak dikenakan biaya, adapun kalau dikenakan biaya petugas parkir harus memberinya dengan tiket yang asli, diluar ketentuan resmi itu kita tidak diwajibkan membayar dan tidak perlu membayar apabila diminta… sudah saatnya hak masyarakat tidak diganggu oleh ulah tukang parkir yg seperti preman…

  41. bersatu kita teguh bercerai kita runtuh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: